Konfigurasi SSH Pada Linux Ubuntu Server 10.04

Software yang digunakan untuk aplikasi remote access berabasis text adalah ssh-server. Untuk melakukan instalasi ssh-server cukup ketikkan perintah berikut:

apt-get install ssh-server

Dalam kondisi default, setelah proses instalasi ssh-server maka kita dapat segera langsung menggunakannya. Jadi kita tidak perlu melakukan konfigurasi apapun selain mengetahui username dan password dari mesin yang akan diremote tersebut Tentu setelah melakukan proses instalasi kita harus segera melakukan pengujian terhadap fasilitas remote access ini. Pengujian ini akan kita lakukan dalam dua contoh. Pertama, koneksi remote akan dilakukan dari mesin lokal dengan cara login dengan menggunakan username yang berbeda dari mesin yang sama. Kedua, koneksi remote akan dilakukan dari mesin windows.  Untuk dapat melakukan remote access pada ssh-server dari mesin Windows, kita memerlukan software ssh-client. Software yang paling banyak digunakanadalah PuTTY ataupun PieTTY. Pastikan kita memiliki software tersebut. Download dari internet bila anda tidak memilikinya. Perhatikan gambar berikut :
 
           1.  Masukkan IP Address pada kolom yang disediakan.
2.  Pastikan kita menggunakan port yang bersesuaian. 
    Umumnya ssh-server berjalan di port 22. Setelah berhasil terkoneksi maka kita akan dihadapkan pada window berikut :
 
           3.  Masukkan username yang terdaftar di mesin yang diremote.
4.  Berikan password yang bersesuaian. 
     Maka kita sudah berada di mesin remote tersebut dan dapat mengeksekusi perintah-perintah seperti layaknya berada dimesin tersebut.

0 Comments:

Posting Komentar